Cara Membuat Surat Lamaran Kerja untuk Pemula

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja untuk Pemula
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja untuk Pemula



Bagi seorang fresh graduated, melamar pekerjaan bukan hal yang mudah. Pasalnya, tidak ada aturan yang baku mengenai kriteria bagaimana seseorang bisa diterima bekerja di perusahaan tersebut. Ini semakin membuat calon pelamar menghadapi permasalahan yang kompleks. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah memperhatikan surat lamaran pekerjaan yang sederhana tetapi membuat penerima kerja mau menerima anda.

Jika anda ditolak beberapa kali ketika melamar pekerjaan, anda sebaiknya mulai merenung dan memperhatikan bagaimana surat lamaran pekerjaan yang anda bawa. Perhatikan dengan baik apakah surat lamaran pekerjaan yang anda buat telah memberikankesan yang positif bagi atasan anda atau justru sebaliknya.

Surat lamaran pekerjaan memang hanya pintu gerbang yang mengantarkan anda untuk masuk dalam suatu perusahaan. Tetapi itu juga sekaligus memberikan kesan pertama yang bisa anda ciptakan dan oleh karena itu,anda harus membuatnya dengan maksimal.

Membuat lamaran kerja yang dibuat secara asal mungkin akan tetap diterima oleh bagian personalia, tetapi akan langsung ditumpuk begitu saja tanpa dilihat dahulu dan kemudian menggunung dan pada akhirnya akan dibuang begitu saja.

Jika anda ingin membuat surat lamaran pekerjaan yang berkesan bagi perusahaan, ikuti tips-tips berikut ini:

1.Pakailah amplop surat yang baru dan bebas dari noda/coretan
Terkadang, pelamar seringkali meremehkan amplop surat yang digunakan. Meskipun tidak harus selalu mahal tetapi amplop yang terlihat bersih dan rapi akan menggambarkan seseorang yang memiliki pekerjaan yang bagus. Ini menunjukkan bahwa anda adalah seorang pelamar kerja yang memiliki kualitas yang baik. Begitu juga dengan surat lamaran dan dokumen-dokumen yang ada di dalamnya, pastikan tidak dalam kondisi tertekuk dan tetap rapi.

2. Penuhi semua persyaratan yang anda butuhkan dan mulailah membuat surat lamaran pekerjaan
Sebagai manusia, kita seringkali lupa, apalagi dalam kondisi yang cukup tertekan. Begitu halnya dengan membuat surat lamaran yang baik, anda perlu menunjukkan fotokopi ijazah,KK, KTP, SKCK, dan lain sebagainya. Mungkin jumlahnya akan tidak sedikit. Oleh karena itu, siapkan segalanya terlebih dahulu supaya anda tidak mengganti surat lamaran pekerjaan beberapa kali. Anda cukup menambahkan satu atau dua persyaratan saja yang terlupa.

3. Surat lamaran sebaiknya diketik
Ini memang tidak wajib tetapi tulisan tangan tidak ada yang bisa menjamin benar-benar baik dan bisa terbaca oleh orang lain. Oleh karena itu, anda wajib mengetiknya. Dengan ketikan/print out, maka surat lamaran kerja yang anda buat benar-benar akan nampak bersih dan rapi dari coretan yang tidak dibutuhkan. Dengan mengetiknya, anda akan menghemat lebih banyak waktu karena jika menulis tangan, anda harus mengoreksinya setiap kali ada kesalahan.

4. Buatlah surat lamaran menjadi lebih sederhana
Sederhana bukan berarti meremehkan keunggulan dan kekuatan yang anda miliki. Tetapi anda harus menggunakan bahasa yang bisa dipahami dengan mudah dan tidak bertele-tele. Hindari penggunaan kata dan kalimat yang tidak dibutuhkan. Tunjukkan kemampuan dan keterampilan yang anda miliki tanpa harus memakai kalimat yang menyombongkan diri. Tunjukkan saja keterampilan dan kemampuan anda sesuai dengan posisi tawaran pekerjaan yang sedang dibuka misalnya posisi yang ingin anda lamar adalah marketing manafer maka sampaikan pengalaman kerja atau pelatihan anda yang sesuai dengan yang anda lamar. Jika tidak ada pengalaman yang sesuai, sampaikan pengalaman anda di perusahaan sebelumnya, anda membawahi berapa karyawan. Ini akan menunjukkan keunggulan anda saat ini.
Advertisement