Ini Dia Tips Membuat Surat Lamaran Kerja yang Menarik dan Baik

Ini Dia Tips Membuat Surat Lamaran Kerja yang Menarik dan Baik
Ini Dia Tips Membuat Surat Lamaran Kerja yang Menarik dan Baik



Persaingan pekerjaan semakin ketat mengingat banyaknya jumlah pekerja dan sedikitnya lapangan pekerjaan yang tersedia. Agar bisa bersaing di dunia kerja, seseorang harus menunjukkan bahwa dirinya memiliki nilai lebih daripada orang lain. Dia harus bisa menunjukkan nilai kompetensi sehingga perusahaan semakin tertarik untuk merekrutnya. Salah satunya yaitu dengan cara menyusun surat lamaran kerja yang baik dan menarik karena baik saja tidak akan cukup.

Buatlah surat lamaran pekerjaan yang bahasanya baku mengikuti EYD dan Tata Bahasa Indonesia. Sedangkan menarik artinya HRD tidak akan mudah bosan ketika sedang membaca surat lamaran anda.

Berikut ini beberapa tips membuat surat lamaran pekerjaan yang bisa anda terapkan:

1.Tuliskan secara spesifik
Banyak pelamar kerja yang menuliskan satu surat lamaran kerja untuk kemudian dipakai melamar ke berbagai perusahaan. Biasanya, di mata HRD, surat semacam ini tidak menarik karena tidak spesifik dan terkesan meremehkan perusahaan. Maka, buat saja surat lamaran pekerjaan yang sesuai dengan posisi kerja yang anda lamar. Itu akan membuat perusahaan yang anda lamar merasa spesial karena anda memilih tempat tersebut. Bukan perusahaan yang lainnya.

2. Tulislah kemampuan anda yang berkaitan dengan posisi yang anda lamar
Banyak soft skill dan hard skill yang anda miliki tidak mungkin anda cantumkan seluruhnya dalam surat lamaran dan dokumen-dokumen pada surat lamaran. Tuliskan sebagian kemampuan yang anda miliki khususnya yang berkaitan dengan pekerjaan. Tidak berhenti sampai di situ, buatlah HRD penasaran dan ingin tahu kemampuan anda yang lainnya. Tentu saja, ini bisa dilakukan jika anda mengikuti poin di atas dalam pembuatan surat lamaran.

3. Tunjukkan kepribadian diri anda
Jangan lupakan bahwa surat lamaran merupakan perwujudan bagi kepribadian anda. Tunjukkan kepribadian anda dengan bahasa yang positif. Tunjukkan juga bahwa anda sangat ingin dan sangat serius dalam melamar pekerjaan ini.

4. Perhatikan dengan baik paragraf awal dan paragraf akhir
Ketika menulis paragraf awal, sebaiknya sampaikan saja dengan jelas dan tegas. Sampaikan dengan baik apa maksud anda ketika melamar pekerjaan. Lalu di paragraf akhir, buatlah kalimat yang tegas dan mintalah mereka memberikan kesempatan wawancara jika berkenan.

5. Singgunglah soal perusahaan walau sedikit
Sama seperti seseorang, perusahaan juga senang jika profilnya banyak dikenal oleh orang. Oleh karena itu, sempatkan diri anda untuk mencari tahu sedikit informasi mengenai perusahaan tersebut. Lalu tuliskan kesan-kesan positif anda mengenai perusahaan tersebut. Akan lebih baik, jika anda mencari tahu sedetail mungkin. Bisa jadi ini akan membuat diri anda lebih unggul dibandingkan dengan pelamar-pelamar yang lainnya.

6. Gunakan email yang nampak formal
Sebaiknya anda gunakan email yang formal dan sesuai dengan nama anda. Baik email yang tercantum dalam informasi kontak anda dengan email yang anda gunakan untuk mengirimkan surat lamaran jika lamaran tersebut dikirimkan secara online. Jika nama anda telah digunakan oleh orang lain, maka anda bisa menyiasatinya dengan membolak balikkan nama depan dengan nama belakang atau dengan menambahkan nama tengah. Yang terpenting yaitu alamat email yang anda gunakan jangan terlalu lebay.

7. Perhatikan tampilan surat
Meskipun isinya cukup bagus, tetapi jika tampilan suratnya buruk akan membuat HRD membuang surat anda. Tampilan surat mencakup jenis dan ukuran font, tempelate dan tata letak tulisan. Sebaiknya semua dikombinasikan saja supaya surat nyaman dibaca.
Advertisement