Skip to main content

follow us


Dalam beberapa iklan lamaran pekerjaan, mungkin anda sering melihat bahwa CV atau surat lamaran pekerjaan memainkan bagian yang penting pada peluang anda diterima bekerja atau tidak. Di samping CV, surat lamaran pekerjaan seringkali menjadi dokumen yang cukup penting dan sering diminta oleh perusahaan. Surat lamaran pekerjaan akan sangat menentukan apakah pelamar cukup layak untuk diterima oleh perusahaan atau tidak.
Surat lamaran pekerjaan yang menarik dan cemerlang akan membuat pelamar memiliki nilai lebih pada perusahaan tempat bekerja. Pelamar akan nampak lebih menonjol dibandingkan dengan pelamar yang lainnya dan tentu saja ini memudahkan siapapun mendapatkan pekerjaan yang diimpikan olehnya. Lalu, apa saja yang harus diperhatikan dan harus ada pada surat lamaran pekerjaan agar surat lamaran kerja diterima oleh perusahaan?

1.Tuliskan secara spesifik siapa nama manager nya
Tulisan “kepada HRD manager” mungkin terdengar sangat tidak spesifik. Ketika menuliskan “kepada HRD Manager”, maka pembaca akan menangkap bahwa anda tidak terlalu peduli atau malas untuk mencari nama siapa HRD Managernya. Mulailah surat anda dengan nama yang spesifik dan sapaan secara langsung. Berusahalah mencari nama manager HRD di perusahaan tersebut. Jika tidak tahu caranya, lihat saja di LinkedIn atau menelpon perusahaan secara langsung. Jika informasi tentang nama HRD manager tidak bisa ditemukan, lewati saja bagian ini. Langsung saja tuliskan isi surat anda setelah menuliskan tempat dan tanggal pembuatan surat pada bagian atas.

2. Cantumkan kualitas yang dibutuhkan oleh perusahaan
Ini adalah hal yang cukup penting dan bisa menentukan apakah anda adalah orang yang benar-benar dicari oleh perusahaan atau bukan. Misalnya perusahaan ingin mencari seorang pegawai yang memiliki karakter pekerja keras, maka sebutkan bahwa anda bisa bekerja di bawah tekanan dan juga bekerja dengan jam kerja yang cukup tinggi. Akan lebih baik lagi jika anda menunjukkan bukti-bukti yang bisa mendukung klaim-klaim anda. Ini akan membuat perusahaan melirik anda.

3. Tunjukkan ketertarikan pada perusahaan

Ketertarikan pada perusahaan menjadi bagian yang cukup penting. Jika anda menyebut alasan mengapa anda melamar di perusahaan tersebut dan bukannya pada perusahaan yang lain, anda sedang menunjukkan bahwa anda sangat serius dengan lamaran anda. Jika anda bukan seorang fresh graduate yang melamar pekerjaan ke perusahaan apa saja dan pekerjaan apa saja yang ditawarkan kepada anda.
Ceritakan saja mengapa anda sangat setuju dengan visi dan misi perusahaan tempat anda melamar. Ungkapkan apa yang ingin anda raih dengan bekerja di perusahaan ini. Dengan mengungkapkan kedua poin ini, anda lebih unggul dibandingkan dengan para pelamar lainnya yang jumlahnya ratusan.

4. Ceritakan bagian yang menarik dari CV anda

Dalam surat lamaran, jangan sesekali anda mengulangi apa yang anda cantumkan di CV anda. Sebaliknya, anda fokus saja pada bagian yang terpenting dan paling menarik dari CV anda. Jika anda melamar posisi tertentu, tuliskan prestasi yang pernah anda raih yang berkenaan dengan posisi tersebut. Ceritakan juga kelebihan apa yang anda miliki sehingga anda bisa meraih prestasi tersebut. Kisahkan pengalaman apa yang telah anda pelajari dari pengalaman tersebut. Ingatlah bahwa CV adalah tentang seberapa penting dan seberapa banyak pengalaman anda. Surat lamaran pekerjaan adalah tentang seberapa menarik cerita-cerita yang ada di baliknya.

Itulah beberapa hal penting yang harus ada pada surat lamaran pekerjaan anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar